Warning

Maaf, artikel di Blog ini tidak dapat di copy dengan cara biasa. Beberapa artikel dapat di-download, link-nya ada di bagian akhir (paling bawah).

Sabtu, 02 November 2013

Menggunakan Codebreaker (File iso) di PCSX2


 Cara Menggunakan Codebreaker.iso di Emulator PS2



Saya masih ingat waktu SMA saya sangat sering menggunakan cheat dalam bermain game Playstation 2 (PS2) dan saya sangat bangga dengan itu karena memang situasi di tempat rental PS2 dekat rumah saya seperti itu, orang yang punya cheat (kami menyebutnya “rahasia”) akan menjadi idola. Itulah mengapa saya jadi terlalu sering menggunakan cheat, setiap kali ada game/kaset baru saya dan Bagoes Suhendri (sahabat saya) langsung membuka Nokia 3110c milikku atau Sony Eryccson miliknya untuk mencari cheatnya di internet. Kalau memang ada cheatnya kami langsung tertawa bangga dan menamati game itu dulu baru menyebar cheatnya. Di sana memang Cuma kami berdua yang tau cara mencari cheat yaitu melalui internet. Waktu itu internet belum marak sperti sekarang, bahkan warnet saja baru muncul setelah saya hampir kelas 3. Jadi kami merasa seperti dua orang raja game (padahal raja cheat).
    Setelah punya emulator PS2, menggunakan cheat terasa sangat tidak menyenagkan. Mungkin karena saya bermain sendirian tanpa ada yang melihat. Jadi mulai saat itu saya berhenti menggunakan cheat dan ternyata lebih seru, bahkan saya mengulangi beberapa game yang dulunya saya tamati dengan menggunakan cheat. Eh… Kepanjangan curhatnya. Maaf, terbawa emosi. Hehe…
    Codebreaker adalah sebuah media yang digunakan untuk melakukan cheat pada game PS2 apapun atau pada PS1 kita mengenal yang namanya “Gameshark”. Kali ini saya membuat tutorialnya khusus untuk emulator PS2 di PC/laptop dengan menggunakan Codebreaker yang berbentuk file “iso”. Di Google ada banyak cara menggunakan Codebreaker yang berbentuk file “elf”, tapi itu tidak bekerja di laptop saya (mungkin karena laptop jadul). Jadi saya coba yang iso tapi saya tidak berhasil menemukan tutorialnya. Akhirnya saya coba utak-atik sendiri dan ternyata berhasil dengan sempurna. Waktu itu saya coba game Monster Hunter 2 bajakan dan sialnya saya dapat yang versi “hacked” (hacked version), semua misi dirubah menjadi tingkat tinggi sehingga untuk pemain yang baru mencoba game ini tentu saja menjadi sangat menyulitkan. Saya mencoba kebiasaan lama yaitu mencari cheat ternyata tidak ada, jadi terpaksa mencoba Codebreaker. J Eh… Makin panjang curhatnya…

    Baiklah… Anda bisa men-download Codebreaker v10 di sini. (Ukuran file sudah dikompres sedemikian rupa, dari 1,2 Gb menjadi 4,6 Mb).

    Saya yakin di luar sana sekarang masih ada yang memainkan PS2 seperti saya.
Berikut langkah-langkah menggunakannya:
1. Pastikan Game yang ingin dimainkan berada pada DVD drive. Anda bisa menggunakan Virtual Drive yang bisa dibuat dengan menggunakan Daemon Tools.
2. Buka emulator PS2, kemudian pilih “Iso” di menu CDVD. Setelah itu cari lokasi file Codebreaker.iso melalui menu CDVD --> Iso selector --> Browse.
3. Jalankan Codebreaker (System --> Boot CDVD).
4. Setelah masuk, buka menu “Select cheat”.
5. Pilih nama game yang akan anda mainkan dengan menekan X.
6. Tekan kanan (->) untuk memilih cheat, setelah selesai tekan Start.
Apabila game yang ingin anda mainkan tidak ada di dalam daftar, anda bisa membuatnya sendiri dengan cara:
- Tekan O pada stick
- Ketik nama game. Misal: Monster Hunter 2.
- Tekan Start dan game anda akan masuk dalam daftar.
- Temukan game yang baru anda tambahkan lalu tekan Kanan (->) pada stick untuk menambahkan judul cheat. Misal: Master Code, Infinite Health, dll.
- Pilih judul cheat lalu tekan Kanan (->) pada stick yang baru anda tambahkan untuk memasukkan code. Code bisa anda temukan di google, code setiap cheat dapat berupa 1 baris atau banyak baris code.
- Anda boleh memasukkan code seperlunya saja, untuk “Master Code” itu wajib.
- Setelah selesai, tandai cheat yang akan digunakan dengan menekan tombol X.
- Tekan Start dan tunggu sampai proses save selesai.
7. Mulai game dengan memilih “Start Game”, kemudian akan ada pesan: “Please insert game, then press X to continue”.
8. Minimize layar game dengan klik 2x atau sekalian tutup dengan tombol ESC.
9. Pilih “Plugin” di menu CDVD, lalu pilih “Swap Disc”. (Pastikan “Plugin Menu” mengarah pada DVD drive atau Virtual Drive yang memuat game)
10. Buka kembali layar game dengan klik 2x atau melalui System --> Resume.
11. Tekan X dan game anda akan berjalan dengan cheat yang dipilih.

Catatan: Jangan terlalu banyak memilih cheat agar game tidak crash.
Untuk tutorial video, anda bisa melihatnya di:
https://www.youtube.com/watch?v=EaP4iYE2HDQ


 Semoga bermanfaat. ^_^

8 komentar:

  1. Saya sdh ikuti stepnya tp tidak ada pengaruhnya dengan game sengoku basara 2 heroes nya ya? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kok pas mau masuk ke gamenya lama ya???
    Mohon Pencerahannya

    BalasHapus
  4. gan kalo mau ngilangin codebreaknya dari game gimana?

    BalasHapus
  5. aku kok gak bisa kalo pas masuk game nya gambarnya hitam terus

    BalasHapus
  6. Kenapa pas udab masuk ke codebreaker kenapa stick ny tidak bisa digerakan baik ke kanan atau ke kiri tapi tombol xo∆ dan lain2 bisa. Kenapa yah min?

    BalasHapus
  7. cara pengaturan buat emulatornya gimana ya
    kok ane kgak bsa msuk ke elf nya

    BalasHapus