Warning

Maaf, artikel di Blog ini tidak dapat di copy dengan cara biasa. Beberapa artikel dapat di-download, link-nya ada di bagian akhir (paling bawah).

Sabtu, 28 Desember 2013

Makalah Administrasi Pendidikan: Kepala Sekolah Sebagai Administrator



KATA PENGANTAR
 
      Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberi berkah, taufiq dan hidayah-Nya sehingga tugas makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya tanpa suatu halangan dan rintangan yang cukup berarti.
          Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya yang telah membimbing kita dari jalan kegelapan menuju jalan Islami. Alhamdulillah.
         Tak lupa kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terkhusus kepada Bapak Drs. Muh. Yusuf Rahim yang telah membimbing dan mengajarkan kami mata kuliah Administrasi Pendidikan. Tak lupa kepada semua pihak yang telah bersusah payah membantu hingga terselesaikannya penulisan makalah ini. Semoga semua bantuan dicatat sebagai amal sholeh di hadapan Allah SWT.
       Kami menyadari walaupun kami telah berusaha semaksimal mungkin dalam menyusun Makalah yang sangat sederhana ini, tetapi saya yakin masih banyak kekurangan yang ada didalamnya. Oleh karena itu, segala tegur sapa sangat saya harapkan demi perbaikan tugas makalah ini kedepannya. Semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua pembaca. Amin.


                            Makassar,   22  April  2011





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................................................................................... 1
KATA PENGANTAR............................................................................................. 2
DAFTAR ISI........................................................................................................... 3
BAB   I       PENDAHULUAN................................................................................ 4
A.     Latar Belakang ............................................................................... 4
B.     Rumusan Masalah............................................................................ 4
C.     Tujuan ............................................................................................ 4
BAB   II      PEMBAHASAN................................................................................... 5
A.     Pengertian Administrator.................................................................. 5
B.     Kepala Sekolah sebagai Administrator...................................... ....... 5
C.     Tugas Kepala Sekolah Sebagai Administrator................................... 6
BAB   III    PENUTUP............................................................................................ 8
A.     Kesimpulan...................................................................................... 8
B.     Saran............................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................. 9

                    






BAB I
PENDAHULUAN


A.     LATAR BELAKANG
Kepala sekolah memegang peranan penting dalam perkembangan sekolah. Oleh karena itu, ia harus memiliki jiwa kepemimpinan untuk mengatur para guru pegawai tata usaha dan pegawai sekolah lainnya. Dalam hal ini, kepala sekolah tidak hanya mengatur para guru saja, melainkan juga ketatausahaan sekolah siswa, hubungan sekolah dengan masyarakat dan orang tua siswa. Tercapai tidaknya tujuan sekolah sepenuhnya bergantung pada bijaksana yang terapkan kepala sekolah terhadap seluruh personal sekolah.
Dalam melaksanakan fungsinya sebagai pimpinan organisasi pendidikan di sekolah, kepala sekolah harus memiliki berbagai persyaratan agar ia dapat menjalankan  tugasnya dengan baik. masing-masing persyaratan ini saling berkaitan antar yang satu dengan yang lainnya. Diantaranya adalah memiliki ijazah, kemampuan mengajar, kepribadian  yang baik serta memiliki pengalaman kerja.

B.     RUMUSAN MASALAH
·        Bagaimana peranan Kepala sekolah sebagai administrator
·        Fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai administrator

C.     TUJUAN
Untuk mendeskripsikan peranan kepala sekolah sebagai administrator pendidikan.



BAB II
PEMBAHASAN



A.   Pengertian Administrator
            Administrasi adalah rangkaian kegiatan bersama sekelompok manusia secara sistematis untuk menjalankan suatu usaha agar dapat mewujudkan tujuan tertentu yang telah ditetapkan. Sedangkan administrator adalah orang yang menggerakkan kegiatan administrasi.
            Dengan demikian administrasi merupakan sebagian dari proses pendidikan yang tidak dapat ditinggalkan, namun masih banyak yang memahami bahwa administrasi termasuk yang sering menghambat dalam proses belajar mengajar.
Dimana admnistrasi sering diartikan secara sempit yakni kegiatan ketatausahaan dan surat-menyurat. Padahal administrasi merupakan proses untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah direncanakan.

B.     Kepala Sekolah Sebagai Administrator
Kepala sekolah sebagai administratror pendidikan penanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan pendidikan pengajaran disekolahnya oleh karena itu, untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, kepala sekolah hendaknya memahami, menguasai dan mampu melaksanakan fungsi sebagai administrator pendidikan.
Hal tersebut mencakup seluruh kegiatan sekolah, seperti; proses belajar-mengajar, kesiswaan, personalia, sarana prasarana, ketatausahaan dan keuangan serta mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat. Selain itu juga, kepala sekolah bertanggung jawab terhadap keadaan lingkungan sekolahnya. Maka sebagai syarat mutlak menjadi kepala sekolah yang berkompeten, harus mampu dengan baik melaksanakan fungsi – fungsi administrasi pendidikan, yang meliputi perencanaan, penyusunan organisasi sekolah, pengoordinasian dan pengarahan serta pengelolaan kepegawaian.
C.     Tugas kepala sekolah sebagai Administrator


1.      Membuat Perencanaan
Kepala sekolah dituntut agar mampu membuat perencaanaan, paling tidak perencanaan tahunan yang hendak dilaksanakan oleh sekolah yang dipimpinnya. Adapun cakupan perencanaan tahunan itu meliputi:
a. Program Pengajaran
b. Kesiswaan
c. Kepegawaian
d. Keuangan
e. Perlengkapan

2.      Menyusun Organisasi Sekolah
Tanggung jawab kepala sekolah sebagai administrator harus membentuk sebuah struktur yang sistematis untuk menetapkan dan menyusun hubungan kerja seluruh anggota organisasi sekolah. Hal itu digunakan agar tidak terjadi overlaping dalam tugas antar sesama anggota organisasi sekolah. Dalam penyusunan organisasi sekolah, kepala sekolah perlu memperhatikan prinsip – prinsip berikut ini; mempunyai tujuan yang jelas, para anggota menerima dan memahami tujuan tersebut, adanya kesatuan arah sehingga menimbulkan kesatuan tindakan dan pikiran, adanya kesatuan perintah; para bawahan mempunyai atasan langsung, adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab seseorang di dalam organisasi itu, adanya pembagian tugas yang sesuai dengan kemampuan, keahlian dan bakat masing – masing, struktur organsasi disusun sesuai dengan kebutuhan koordinasi, pengawasan dan pengendalian, pola organisasi bersfat permanen dan adanya jaminan keamanan dalam bekerja serta garis – garis kekuasaan dan tanggung jawab secara hirearki jelas tergambar di dalam struktur organisasi.
 
3.      Bertindak Sebagai Koordinator
Pengoordinasian merupakan kegiatan yang menghubungkan seluruh personal organisasi dengan tugas yang dilakukannya sehingga terjalin kesatuan, keselarasan yang menghasilkan kebijaksanaan serta keputusan yang tepat. Kepala sekolah sebagai admnistrator harus mampu mengoordinasikan bawahannya, yang kegiatannya meliputi pengawasan, penilaan, pengarahan dan bimbingan terhadap setiap personal organisasi sekolah.
Dalam pelaksanaan pengoordinasian, kepala sekolah sebaiknya bekerja sama dengan berbagai bagian dalam organsasi sekolah, seperti wali kelas, tata usaha, bimbingan dan penyuluhan, guru bagian kurikulum dan lain sebagainya.

4.      Melaksanaan Pengelolaan Pegawai
Kepala sekolah memiliki kewenangan dalam mengelola kepegawaian dalam organsas sekolah, diantaranya kepala sekolah dapat mengangkat, mempromosika, menempatkan atau menerima pegawai baru, baik itu sebagai guru, TU ataupun pembimbing ekstra kurikurer. Dalam pengelolaan kepegawaian, kepala sekolah harus memperhatikan kesinambungan kondisi dan kemampuan pelaksananya, antara: jenis kelamin, bakat, kekuatan fisik, latar belakang pendidikan dll.
Adapun cara – cara yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam melakukan pengeloaan pegawai, antara lain: mengadakan diskusi, membentuk koperasi, membentuk ikatan keluarga sekolah, memberikan bantuan dan kesempatan seluas-luasnya kepada para pegawai untuk meningkatkan kemampuannya, mengusulkan dan mengurus kenaikan gaji atau pangkat guru – guru dan pegawai tepat pada waktunya sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Peningkatan kinerja guru ditentukan oleh tingkat keberhasilan peran kepala sekolah, dalam hal ini kepala sekolah sebagai administrator. Sedangkan strategi yang dapat diterapkan oleh kepala sekolah diantaranya adalah menerapkan arah tindakan dan cara yang sifatnya mendasar melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Itu semua diharapkan untuk meningkatkan kualitas dalam melaksanakan tugasnya.


BAB III
PENUTUP


A.       KESIMPULAN

1.     Administrasi adalah rangkaian kegiatan bersama sekelompok manusia secara sistematis untuk menjalankan suatu usaha agar dapat mewujudkan tujuan tertentu yang telah ditetapkan. Sedangkan administrator adalah orang yang menggerakkan kegiatan administrasi.
2.     Tugas kepala sekolah sebagai administrator yaitu sebagai berikut :  Membuat perencanaan, Menyusun struktur organisasi sekolah , Mengatur kepegawaian dalam organisasi sekolah, Sebagai koordinator dalam organisasi sekolah.


B.       SARAN
Adapun saran yang disampaikan penulis yaitu diharapkan kepada pembaca agar mempergunakan makalah ini sebagai bahan kajian dalam memahami administrasi pendidikan khususnya masalah fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai administrator pendidikan.



DAFTAR PUSTAKA




      Sederhana dan belum sesuai dengan aturan pembuatan makalah, maklum ini termasuk dalam daftar makalah pertama yang saya buat. Hehe... 
      Mau copy & paste artikel di halaman ini? Maaf anda perlu repot mendownloadnya di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar